<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6054923247078731910\x26blogName\x3dMAPALA+HUMENDALA\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://humendala.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://humendala.blogspot.com/\x26vt\x3d-3048275863699765493', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
GALLERY
MAPALA HUMENDALA on Facebook

Perbankan Harus Jadi Inisiator Pengelolaan Lingkungan Hidup

Selasa, 05 Mei 2009

NUSA DUA - Eskploitasi sumber daya alam yang berlebihan untuk menggerakan perekonomian akan menyebakan terjadinya kerusakan lingkungan yang dalam jangka panjang akan memicu kemiskinan lebih besar. Karenanya perbankan nasional harus menjadi inisiator bagi pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang berwawasan lingkungan.
Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri Thomas Arifin di sela-sela pertemuan tahunan Bank Pembangunan Asia (ADB) mengatakan, perbankan sebagai institusi pembiayaan dapat meningkatkan perannya dalam pembangunan berwawasan lingkungan, melalui dukungan pembiayaan ke proyek-proyek berwawasan lingkungan, seperti pemanfaatan sumber energi alternatif.

"Selain itu perbankan juga bisa memasukkan kriteria pengelolaan lingkungan atas proyek-proyek yang dibiayainya," lanjut Thomas, Senin (4/5/2009).

Dalam pandangannya, perbankan nasional saat ini masih menitikberatkan aspek komersial sebagai dasar pemberian kredit. Sementara perusahaan di Indonesia juga masih berpandangan bahwa pengelolaan lingkungan merupakan beban usaha. Padahal pengelolaan lingkungan yang baik justru akan menurunkan risiko usaha akibat kerawanan sosial dan menjadi investasi jangka panjang. Dalam kaitannya dengan upaya pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan, Bank Mandiri telah menjalin kerja sama pembiayaan untuk proyek-proyek yang ramah lingkungan dari Agence Franaise de Dveloppement (AFD). AFD merupakan lembaga keuangan pemerintah Prancis yang memiliki fokus pembiyaaan pada proyek-proyek untuk peningkatan efisiensi energi. Thomas menjelaskan, dalam kerja sama tersebut, Bank Mandiri memperoleh long term funding senilai US100 juta yang diperuntukan bagi pembiayaan proyek-proyek bernilai maksimal USD15 juta, yang dinilai memenuhi persyaratan AFD, yaitu ramah lingkungan.

Selain dari AFD, Bank Mandiri juga memperoleh dukungan pembiayaan sejenis dari Asian Development Bank (ADB). Seperti dikutip dari situs ADB, Bank Mandiri mendapatkan dukungan pembiayaan hingga USD300 juta karena dinilai telah memenuhi kriteria yang ditetapkan ADB, yakni memenuhi persyaratan dalam kebijakan lingkungan ADB, antara lain sistem manajemen lingkungan dan sosial dan memasukkan aspek dampak sosial dan lingkungan dalam setiap proyek yang dibiayai. Dalam situs ADB juga disebutkan bahwa Bank Mandiri adalah bank pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memperoleh fasilitas pinjaman dari ADB.

Mengomentari pemberian fasilitas tersebut, Thomas mengatakan Bank Mandiri akan menggunakan pembiayaan dari kedua institusi tersebut untuk mendorong investasi di sektor usaha yang berbasis pengeloolaan lingkungan hidup. "Berdasarkan laporan ADB, Indonesia merupakan negara di kawasan Asia Tenggara, yang paling rentan terhadap dampak pemanasan global akibat kerusakan lingkungan. Hal ini yang menjadi titik kepedulian Bank Mandiri," kata Thomas.

Sumber : Okezone.com

Bookmark this post to del.icio.us Digg this post! Bookmark this post to Yahoo! My Web Bookmark this post to Furl